Bertemu Bekantan di Banjarmasin

Di antara pulau-pulau besar di Indonesia, Kalimantan merupakan salah satu pulau yang jarang sekali saya kunjungi, padahal banyak hal menarik dan medan menantang yang menunggu untuk dijelajahi. Sampai akhirnya saya bisa berkunjung karena sebuah pekerjaan ke Banjarmasin di Kalimantan Selatan. Karena alasan pekerjaan, sehingga durasi perjalanan sangat singkat dan terbatas untuk bisa singgah menikmati destinasi di tanah Banjar, sehingga tujuan bertamu kali ini adalah untuk mengenal salah satu kota besar yang ada di kawasa borneo ini.

Banyak hal menarik yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Banjarmasin, selain tempat wisata yang khas dengan keberadaan sungai juga aneka kuliner yang wajib untuk dicoba bisa menjadi rekomendasi kamu.

Setibanya di Banjarmasin saya menghabiskan hari dengan menikmati pemandangan kota di Menara pandang yang terletak di sebrang Masjid Agung Banjarmasin. Selain melihat pemandangan dan kuliner di sekitar Menara, hal lain yang menarik adalah Kapal Klotok yang menghiasi sungai di depan Menara dengan suaranya yang khas. Waktu terbaik berkunjung ke Kawasan Menara pandang ini adalah Sore hari saat matahari terbenam sampai malam. Pada malam hari pemandangan akan diterangi oleh kerlap kerlip lampu di setiap sudut dengan sajian utamanya adalah Jembatan Pelangi yang memiliki konsep yang sama dengan kain khas Banjar yaitu Kain Sasirangan.

Tempat selanjutnya adalah taman yang terdapat ikon fauna Banjarmasin yaitu Bekantan yang merupakan flora khas hutan Kalimantan, dan konon dulu sempat menghiasi taman kota Banjarmasin sebelum dipindahkan ke kebun binatang yang berupa kawasan konservasi, meningat kelestariannya yang mulai terancam.

Puas menjelajah Kawasan kota Banjarmasin, tidak lengkap kalau melewatkan cita rasa kuliner khas warga Banjar. Kuliner yang saya coba adalah Soto Banjar dan Sate yang cukup popular di kalangan pendatang yaitu Warung. Menariknya lokasi warung terletak persis di samping sungai sehingga pemandangan santap kuliner menjadi menawan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: