Menikmati Ketenangan Tanjung Bira

Saya mengenal Tanjung Bira atau nama lain Tanjung Bire dari salah satu tayangan travel documenter. Destinasi tersembunyi ini seolah menjadi surga di Sulawesi Selatan, yang seketika membuat saya jatuh hati dan penasaran ingin menginjakan kaki di pasir pantainya yang putih. Keinginan itu membuat saya selalu semangat ketika ada kesempatan mengunjungi Sulawesi Selatan, yang akhirnya bisa saya wujudkan di tahun 2019 singgah di Tanjung Bira dengan menempuh perjalanan 4-6 jam dari Makassar. Baca Juga Jelajah Titik Nol Sulawesi

Perjalanan Panjang yang melelahkan terbayar lunas, dengan sambutan hangat keindahan pemandangan alam dan pantai dengan pasirnya yang putih. Lebih sempurna lagi, karena kedatangan saya di Tanjung Bira bertepatan dengan momen terbenamnya matahari dengan segala pesonanya yang magis. Suasana luar biasa dengan beberapa warga lokal menikmati keindahan senja, seolah rasa Lelah berkendara Panjang hilang tanpa permisi. Saya pernah mendengar bahwa kawasan Sulawesi dan beberapa pulau di sekitarnya terkenal memiliki pemandangan senja yang indah dan proses sunset yang sempurna. Hal yang pernah saya alami sebelumnya di kepulauan Maluku, dan sekarang melihatnya langsung di Tanjung Bira.

Sunset Tanjung Bira

Selain keindahan alam baharinya, Tanjung Bira memiliki berbagai aktifitas wisata yang bisa dilakukan wisatawan, seperti wisata bawah laut, melihat pembuatan kapal phinisi, hingga menikmati tebing-tebing yang menantang adrenalin. Hal lain yang membuat saya sangat tertarik mengunjungi Tanjung Bira adalah ketenangan suasananya yang dapat membuat proses refreshing menjadi sangat dinikmati.

Panrangluhu

Beberapa destinasi yang bisa dikunjungi dan menjadi rekomendasi untuk merasakan ketenangan Tanjung Bira diantaranya Pantai Panrangluhu yang lokasinya berdekatan dengan dermaga Tanjung Bira. Pantai Panrangluhu identik dengan deretan penginapan dan cottage yang bisa menjadi pilihan untuk menginap dan menikmati ketenangan suasana pantai yang eksotis. Meskipun terletak di dekat dermaga, suara kapal-kapal memberikan sensasi tersendiri yang berpadu dengan suara alam.

Bara

Pantai lainnya yang juga tenang adalah Pantai Bara yang bisa menjadi alternatif untuk melakukan penyebrangan ke Pulau Liukang. Pantai dengan pasir putih yang lembut ini cukup tenang untuk dinikmati, spot terbaiknya adalah ayunan di bawah pohon kelapa yang langsung berhadapan dengan pantai dan lautan lepas. Jika bermain air di area pantai Bara, kamu harus berhati-hati dengan bulu babi yang mungkin bisa melukai kaki kamu ya.

Bira

Pantai terakhir adalah Pantai Tanjung Bira yang menjadi salah satu spot untuk menikmati waktu tenggelam dan terbitnya matahari di satu lokasi. Destinasi wisata ini memiliki ciri khas utamanya adalah pasir pantai berwarna putih yang halus dan sangat kecil seperti tepung. Keunikan lainnya adalah adanya 3 lapisan warna air di garis pantai yang indah ketika dilihat di kejauhan. Pantai yang bersih dan nyaman ini bisa menjadi rekomendasi untuk pengunjung yang membutuhkan suasana tenang di Tanjung Bira.

Banyak hal yang bisa dilakukan dalam suasana alam yang tenang, seperti bersantai menikmati angin sepoy pantai sembari berbaring dengan hammock di bawah rindangnya pohon kelapa, dan berjalan di pasir putih lembut yang tersapu ombak pantai yang menyegarkan. Suasana alam yang tenang juga dapat memberikan efek positif ke pikiran dan hati, sehingga dapat meningkatkan kreatifitas dan kebijakan dalam memikirkan sesuatu. Sudah tertarik untuk refreshing di Tanjung Bira?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: