Jelajah Titik Nol Sulawesi

Titik nol bisa dibilang merupakan sebuah titik awal yang digunakan sebagai alat ukur suatu wilayah. Beberapa wilayah di Indonesia ada yang memiliki titik mulai seperti Sabang dan Merauke yang terkenal. Lantas dimana titik nol Sulawesi? Letaknya ada di Tanjung Bira, Bulukumba, salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan.

Baca juga cerita lain tetang Sulawesi

Pengalaman mengunjungi Sulawesi yang dilibang sebagai gerbangnya kawasan timur Indonesia, selalu membuat saya bersemangat dan menyenangkan. Setiap ada kesempatan untuk berkunjung, saya tidak akan pernah melewatkannya untuk menjelajah kawasan yang terkenal dengan keindahan alam baharinya.

Pertama kali menginjakan kaki di Pulau Sulawesi adalah pada tahun 2017. Kala itu saya hanya transit di Makassar sebelum melanjutkan perjalanan kembali menuju Ambon. Setahun kemudian, di tahun 2018 Saya kembali berkesempatan berkunjung ke Pulau Sulawesi dengan tujuan Gorontalo, yang terkenal sebagai salah satu spot untuk bermain dengan Whileshark atau Hiu Paus dan menikmati wisata maldivesnya Indonesia di Pualu Cinta. Dari Gorontalo saya melanjutkan perjalanan ke Makassar dengan tujuan akhir Tana Toraja. Sempat ingin melanjutkan ke Tanjung Bira sepulang dari Toraja, namun dengan terpaksa Saya harus menunda rencana karena keterbatasan kesempatan untuk menjelajah. Sehingga saya pun harus Kembali berharap akan ada kesempatan ke Makassar lagi untuk langsung menuju Tanjung Bira di Bulukumba.

Akhirnya setahun kemudian pada tahun 2019, Saya mendapat pekerjaan untuk pergi ke Palu di Sulawesi Tengah, dan Saya tidak membuang kesempatan ini untuk melanjutkan perjalanan ke Makassar lagi dengan tujuan langsung ke Tanjung Bira. Perjalanan dari Makassar ke Tanjung Bira yang berjarak sekitar 200 km, dapat ditempuh dengan waktu sekitar 4-6 jam perjalanan. Meskipun membutuhkan waktu yang panjang, perjalanan ke Bulukumba sangat menyenangkan dengan indahnya pemandangan kota-kota yang dilewati selama di perjalanan. Seperti pemandangan kincir angin raksasa di Jeneponto, atau keindahan perbukitan di Bantaeng, semuanya membuat perjalanan menjadi menyenangkan.

Setelah melakukan perjalanan panjang, Saya tiba di Bulukumba tempat titik nol kilometer Sulawesi berada. Saat memasuki Kawasan Bulukumba, Saya disambut dengan pemandangan pantai dan lahan pertanian garam yang luas lengkap dengan perahu yang banyak bersandar. Aroma ombak pantai sudah sangat terasa begitu memasuki kawasan Bulukumba. Tanjung Bira merupakan satu dari sekian banyak destinasi wisata terfavorit yang banyak dinikmati wisatawan karena keindahan alam bahari dan ketenangan suasana pantai yang masih asri.

Selain itu, banyak destinasi yang bisa dikunjungi di Bulukumba, seperti Pantai Tanjung Bira, Pulau Liukang, Pulau Selayar, Tebing Aparalang, Tana Beru, hingga spot titik nol kilometer Sulawesi. Keunikan yang bisa ditemukan pada saat berkunjung ke wisata Titik Nol Sulawesi di Bulukumba ini adalah spot menarik seperti tangga kayu menuju pantai yang berbentuk angka nol, Tugu Pinisi dan Tugu Bira. Sepintas wisata Titik Nol mirip dengan Appalarang dengan panorama tebing bebatuan cadasnya.

Untuk menikmati suasana di spot titik nol yang bisa dililang cukup ekstrem, harus sangat berhati-hati, karena di titik ini merupakan pertemuan arus angin barat dan angin timur serta arus laut dari arah Selat Makassar dan dari Laut Flores. Meskipun cukup ekstrim, spot titik nol merupakan tempat terbaik untuk menikmati keindahan pemandangan matahari terbit (sunrise) maupun matahari terbenam (sunset) karena kondisi alam yang cukup terbuka untuk menikmati momen tersebut. Jadi sudah siap menjelajah titik nol salah satu pulau besar nusantara ini? Selamat berpetualang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: