Safari Ramadhan: Masjid Menginspirasi di Kyoto Jepang

Assalamualaikum, bagaimana ibadah puasanya kawan-kawan? Semoga selalu diberikan kekuatan kelancaran dan keberkah di tengah situasi pandemic covid-19 ini, Aamiin.

Masjid pada bulan Ramadhan merupakan tempat yang banyak ditempati umat islam untuk melaksanakan serangkaian Ibadah. Banyak orang yang berlomba-lomba mengerjakan kebaikan dan memakmurkan masjid untuk mengharapkan pahala dari Allah Swt. Tapi tidak untuk bulan Ramadhan tahun ini, dimana masjid adalah tempat yang dirindukan karena berbagai masjid tidak dapat melaksankan aktifitas ibadah sebagaimana mestinya sebagai imbas dari pandemic covid-19. Aktifitas Ibadah yang berpotensi menimbulkan kerumunan dan mengumpulkan banyak orang, sementara harus ditunda dan dihindari sebagai langkah ppenanggulangan penyebaran virus semakin luas.

Pengalaman saya saat mengunjungi beberapa negara di luar negeri, juga berkesempatan untuk singgah di beberapa masjid yang menurut saya unik, menarik dan menginspirasi.  Mungkin bisa menjadi referensi untuk wisata religi pasca pandemic ini berakhir.

Kyoto Islamic Culture Center/ Kyoto Mosque (Kyoto, Jepang)

Masjid Kyoto, saya menyebutnya begitu, merupakan tempat ibadah umat muslim yang ada di Kota Kyoto, Jepang. Masjdi ini tepatnya terletak di basement pusat kebudayaan Islam Kyoto, yang berlokasi di dekat Istana Kekaisaran atau Kyoto Imperial Palace. Masjid ini menjadi salah satu tempat berkumpulnya umat muslim yang tinggal di Kyoto dan sekitarnya dalam rangkat menjalani serangkaian aktifitas ibadah.

20191129_122133

Saat berkunjung jalan-jalan keliling ke Kyoto, Wisatawan Muslim tidak perlu khawatir saat akan melaksanakan ibadah dapat melaksanakannya di Kyoto Islamic Cultural Center. Hal ini menjadi dukungan pemerintah Jepang sebagai destinasi yang ramah Muslim. Ruang salat di masjid ini dapat menampung hingga 110 jemaah pria dan wanita yang terbagi dengan dibatasi tirai.

Hal menarik yang saya temukan saat singgah di masjid ini adalah rasa kekeluargaan yang dibangun oleh pengurus masjid kepada setiap pengunjung yang datang. Masjid ini menjadi salah satu tempat berkumpulnya warga Muslim, termasuk orang Indonesia yang tinggal atau sedang berwisata di Jepang. Saya berkunjung saat melaksanakan Sholat Jumat, dimana khutbah disampaikan salam bahasa inggris  dan jamaah yang hadir cukup banyak dari berbagai negara yang sedang berkunjung di Kyoto.

20191129_123215

Selain Masjid Kyoto, terdapat beberapa tempat lain yang ada di sekitar masjid yang ramah Muslim seperti restoran halal yang bisa disinggahi untuk mengisi perut saat Lelah jalan-jalan. Wisatawan juga dapat melaksanakan ibadah di tempat sholat lainnya yang tersedia di restoran halal dan stasiun besar yang dapat dicari menggunakan aplikasi seperti Halal Navi. Kyoto Islamic Cultural Center ini buka dari hari Selasa sampai Sabtu, mulai jalm 12.00 siang sampai jam 06.00 sore.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: