Air Terjun, Oase Tanah Sumba

Sumba sebagai salah satu tujuan destinasi yang popular dengan banyaknya potensi wisata alam, bisa dibilang pulau ini punya destinasi wisata yang lengkap. Sumba punya wisata alam yang sangat menakjubkan, seperti banyaknya air terjun dengan pemandangan ajaib yang menyegarkan perjalanan. Kunjungan ke Sumba, saya berkesempatan mendatangi beberapa air terjun eksotis di Waikabubak di Sumba Barat dan Waingapu di Sumba Timur.

Sebut saja Lapopu. Air terjun yang konon ditemukan oleh warga yang tengah bertugas di salah satu tempat pembangkit listrik yang ada di sekitar Waikabubak, biasa dipanggil Om John.  Sebut saja Lapopu, air terjun yang dikenal sebagai air terjun tertinggi yang ada di Nusa Tenggara Timur dengan ketinggian air terjun yang mencapai 90 meter. Air terjun ini terletak di Desa Hatikuloku, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Menupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (ManaLawa) di Pulau Sumba. Untuk sampai di air terjun ini perlu waktu berkendara sekitar 20 menit dari pusat kota Waikabubak, Sumba Barat.

DSC01127

Keunikan air terjun ini terletak pada proses airnya yang jatuh melalui lereng terjal berundak-undak dari atas puncaknya. Berbeda dengan air terjun lainnya, air terjun Lapopu ini bertangga-tangga yang kemudian membentuk tangga-tangga sebelum akhirnya jatuh di kolamnya, sementara air terjun lainnya langsung turun dari atas puncak ke bawah. Lapopu menjadi salah satu tujuan wisatawan asing dan Nusantara yang berkunjung ke Pulau Sumba, dengan melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, atau sekadar menikmati suasana alam yang teduh, sejuk dan segar.

DSC01119

Puas menikmati kesegaran air terjun Lapopu, saya bergerak ke timur pulau Sumba menemukan oase kesegaran air terjun lainnya di Sumba. Berlokasi di Desa Waimarang, Sumba Timur, Air Terjun Waimaarang, memiliki karakteristik yang unik dimana airnya mengalir dari sela batu yang bermuara ke kolam yang ada di ujung aliran air. Kolam tersebut seperti kolam renang yang dikelilingi bebatuan alam berpadu dengan warna air terjun biru tosca yang membuat keindahannya semakin mempesona. Untuk sampai di air terjun ini, perlu berkendara sekitar dua jam dari pusat Kabupaten Sumba Timur di Waingapu.

Perjalanan menuju lokasi air terjun didominasi medan off road dan sabana luas yang memanjakan mata, jika beruntung kita bisa melihat kuda atau sapi yang sedang memakan rumput. Setibanya di lokasi, ditandai dengan adanya area lapangan luas yang digunakan untuk parkir kendaraan dan warung sederhana. Setelah sampai dari parkiran masih melanjutkan perjalanan trekking sekitar satu kilometer untuk tiba di Air Terjun Waimarang. Pastikan memakai sandal atau sepatu gunung yang nyaman, sehingga aman dalam melewati medan yang cukup curam saat naik atau turun menuju air terjun.

DSC01266

Meskipun kolamnya tidak terlalu luas, banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Waimarang selain bersantai menikmati suasana alam, pengunjung juga bisa melakukan terjun bebas dan berenang di kolamnya. Masuknya cahaya matahari yang masuk melalui sela-sela tebing kolam ini memberikan keindahan tersendiri bagi air terjun ini. Meskipun air terjunnya tidak begitu tinggi, suasana hijau dari beragam tumbuhan yang mengelilinginya juga mampu memberikan kesejukan suasana.

DSC01230

Ada cerita menarik dibalik keindahan air terjun Waimarang ini, adalah proses penemuannya dimana air terjun ini pertama kali ditemukan oleh Erikson dan keluarganya yang sedang berburu bari di hutan pada tahun 2015. Bapaknya kemudian membuka jalur trakking menuju ke lokasi air terjun, dan yang lain mulai menyebarkan informasi air terjun ini ke media sosial yang membuat banyak orang yang tahu lokasi ini. Selain itu keluarga Erikson juga biasa memandu ke lokasi air terjun jika ada wisatawan yang ingin berkunjung melihat keindahan Waimarang.

 

2 thoughts on “Air Terjun, Oase Tanah Sumba

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: