Budaya Sumba di Kampung Prai Ijing

Berdasar pada terminologi budaya yang merupakan sebuah kebiasaan, cipta dan karya suatu masyarakat, maka untuk mengenal suatu daerah cara terbaik adalah mengupas budayanya. Filosofi ini yang selalu mendasari setiap petualangan saya ketika mengunjungi suatu destinasi atau daerah baru dalam perjalanan saya.

Puas menikmati pesona Weekuri, saya melanjutkan perjalanan menuju Waingapu di Sumba Timur, dan menyempatkan singgah di destinasi budaya di Sumba. Sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup popular di kawasan timur Indonesia, Sumba punya banyak kebudayaan menarik yang bisa menjadi pengetahuan baru tentang Sumba dan orang-orangnya. Seperti mengunjungi desa adat di Prai Ijing yang, kampung yang masih sangat tradisional, tenang dan tentram.

dsc01061.jpg

Kampung Adat Prai Ijing yang terletak di Desa Tebara, Waikabubak, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), merupakan salah satu destinasi wisata eksotis yang harus dikunjungi ketika datang ke Sumba. Penduduk di kampung adat tersebut masih menggunakan rumah adat Sumba atau Uma Bokulu atau Uma Mbatangu, yang merupakan adat tradisi nenek moyang yang telah berusia ratusan tahun, yang dipegang dengan teguh hingga kini.

Menarik untuk dilihat, design rumah adat sumba memang memiliki ciri khas yang mencerminkan Sumba, dengan atap yang menjulang tinggi berbentuk prisma yang ditutupi alang-alang kering. Arsitektur rumah juga khas dan unik yang dibagi pada beberapa tingkat, bagian bawah digunakan untuk ariki ternak seperti babi, ayam, kambing dan binatang ternak lainnya. Pada bagian tengah digunakan sebagai tempat tinggal serta kegiatan sehari-hari seperti memasak, tidur, dan aktifitas lainnya. Dan pada bagian atas digunakan sebagai tempat menyimpan bahan makanan.

dsc01088.jpg

Keaslian tradisi dan budaya yang dijaga oleh setiap generasi ini berhasil menjadikan kampung Prai Ijing menjadi salah satu tujuan destinasi unggulan untuk wisata budaya di Sumba, karena hamper setiap agen travel memasukkan kampung ini di list kunjungannya. Meskipun menjadi salah satu pusat perhatian wisatawan, aktivitas warga tetap berlangsung secara alami, mulai dari ariki, berkebun, hingga anak-anak yang bermain di jalan-jalan utama hingga setapak desa, membuat desa ini sangat menarik untuk dikunjungi dan pengunjung bisa langsung terlibat untuk ikut beraktifitas dengan warga secara langsung.

Melihat dan berbincang dengan ibu-ibu yang tengah menenun, menganyam kerajinan, nenek-nenek yang sedang asik menumbuk sirih-pinang untuk di makan. Bermain bersama Anak-anak yang berlarian dengan mainan tradisionalnya, suasana perkampungan ini sangat seru dan mengesankan. Bahkan terdapat beberapa pengunjung yang memberikan pengajaran kepada anak-anak di kampung ini sebagai bentuk kegiatan sosial.

Daya arik lain Kampung Adat Prai Ijing selain rumah adat, adalah hasil kerajinan tangan dan kain tenun tradisional yang bisa dijadikan buah tangan dan kenang-kenangan yang dibawa dari sini. Kain tenun khas Sumba yang dibuat selain dipakai untuk aktifitas sehari-hari dan upacara adat, warga juga menjualnya sebagai cenderamata dengan harga mulai dari Rp250 ribu hingga Rp1 juta, tergantung motif dan ukuran kain.

dsc01073.jpg

Ketika berkunjung ke Sumba, jangan lupa mampir ke Kampung Adat Prai Ijing ya, Selain menawarkan pemandangan yang mempesona, pengjunjung juga bisa belajar tentang kearifan lokal warganya yang sangat ramah ketika berinteraksi dengan pengunjung. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah di pagi hari saat warga mulai beraktifitas atau di sore hari saat mereka kembali dari aktifitasnya.

Informasi: Kampung adat lainnya yang ada di Sumba Barat adalah Kampung Adat Dikita, Kampung Adat Gollu dan Bodo Maroto, Kampung Adat Malisu, Kampung Adat Ombarade, Kampung Adat Prai Goli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: