Mengenal Kupang, Ibu Kota Nusa Tenggara Timur

Jendela pesawat menampakkan pemandangan kesegaran oase diantara hamparan padang luas di sekelilingnya, ya saya hampir mendarat dan sampai di Nusa Tenggara Timur. Tidak pernah terfikirkan sebelumnya bisa berkunjung ke salah satu kota penyangga di Indonesia bagian timur ini, saya harus berterima kasih karena pekerjaan ini saya bisa menginjakan kaki di Ibu Kota Nusa Tenggara Timur, Kupang.

DSC00780

Perjalanan dari Jakarta ke Kupang ditempuh dengan waktu sekitar 4 jam perjalanan udara dengan penerbangan langsung dari bandara Soekarno Hatta menuju bandara Eltari. Kupang merupakan kota terbesar sekaligus menjadi ibukota dari provinsi Nusa Tenggara Timur. Nusa Tenggara sendiri merupakan sebuah gugusan pulau yang terletak di sebelah timur Bali yang terbagi menjadi dua provinsi yaitu Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Sebagai wilayah yang memiliki banyak gugusan pulau membuat lokasi Kupang menjadi strategis sebagai tempat transit ferry atau kapal laut internasional. Selain itu, karakter orang Kupang yang ramah sama halnya dengan orang Indonesia di wilayah lainnya menjadi daya tarik tersendiri sebagai tujuan wisata para wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Sudah merupakan rahasia umum jika Nusa Tenggara Timur dikenal dengan keindahan wisata alamnya, terutama destinasi pantai dan baharinya. Kupang merupakan salah satu daerah di Nusa tenggara yang masih menyimpan banyak destinasi wisata menarik yang tersembunyi dan belum terjamah oleh banyak orang. Selain menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan memberikan ketenangan karena jarang dikunjungi, tidak heran jika beberapa destinasi wisata ini harus masuk daftar untuk kamu kunjungi jika melancong ke Nusa Tenggara.

Tidak banyak waktu yang saya habiskan dalam kunjungan ke Kupang, Salah satu destinasi menarik di Kupang yang sempat saya kunjungi adalah Lasiana. Terletak sekitar 12 KM dari kota Kupang, Pantai Lasiana menjadi salah satu destinasi yang harus dikunjungi jika berkunjung ke Kupang karena jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Konon salah satu tempat menyaksikan matahari terbit dan tenggelam terbaik di Kupang ada di Pantai Lasiana. Pantai Lasiana sudah dikenal sejak tahun 1970an dan menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan asing dari luar negeri, terutama dari Amerika, Inggris, Jerman dan Australia.

Banyak aktifitas yang dapat dilakukan di Lasiana selain hunting foto. Turis biasanya memanfaatkan Pantai Lasiana sebagai tempat memancing, berenang atau sekadar bermain air, dan berjemur di pantai yang memiliki pasir putih ini. Selain itu, turis juga bisa menikmati suasana pantai sembari menyantap berbagai makanan dan jajanan yang ditawarkan oleh banyak warung di sekitar pantai. Makanan yang ditawarkan seperti jagung, pisang Epe, es kelapa, serta makanan lainnya.

Selain Lasiana, masih banyak pantai cantik lainnya di Kupang, Pantai Oetune yang terkenal dengan padang pasir yang mirip seperti di timur tengah, pantai Tablolong, serta destinasi wisata alam lainnya yang menakjubkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: