Wisata Pemakaman Toraja: Tana Toraja (Part 3)

Kunjungan saya di Toraja dimulai dengan menikmati kopi dan suguhan manis dari Desa Wisata Ke’te’ Kesu’ di Rantepao, setelahnya saya melanjutkan perjalanan berburu kain tenun di pusat tenun kampung Gelaga. Perjalanan saya dilanjutkan menuju salah satu tempat pemakaman orang Toraja yang ada di Rantepao yang disebut Pemakaman Londa.

Pemakaman Londa ini merupakan pemakaman berbentuk goa-goa yang ada pada tebing batuan karts yang besar. Orang yang meninggal kemudian dimasukan ke dalam peti dan dimakamkan di sela-sela dalam goa ditempatkan berdasarkan status sosial di masyarakat semasa hidupnya. Hal ini bermakna adanya berbagai macam penempatan petinya di dalam goa tempat pemakaman tersebut. Ketika mengunjungi destinasi ini, kita harus menunjukkan sopan santun dan sikap yang baik dalam rangka menghormati tradisi dan budaya warga setempat. Tidak hanya menegangkan, di pekaman Londa ini terdapat kuburan tertua yang sudah digunakan sejak abad 11 masehi.

DSC00517

Selain berlandaskan pada kasta, penempatan pemakaman keluarga orang Toraja juga ditempatkan dalam satu tumpukan pada setiap keluarganya. Penempatan ini salah satunya bertujuan untuk memudahkan keluarga ketika akan berkunjung dan berziarah ke makam keluarganya. Terdapat ketentuan jenazah yang akan dimakamkan di pemakaman ini selain orang dewasa, ketika jenazah anak-anak yang akan dimakamkan di dalam goa, maka jenazah anak tersebut harus sudah memiliki gigi. Sedangkan bagi jenazah anak yang belum memiliki gigi akan dimakamkan di pohon, salah satunya yang ada di Pohon Tara di Makele. Hal ini berdasarkan kepercayaan orang toraja terdahulu mengenai animisme, yakni jasad anak yang dimakamkan di pohon maka akan tumbuh Bersama pohon tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: