Memulai Hobi Traveling

MABRUR “Mari Berlibur” merupakan konten tulisan baru di blog #destinasiadi yang akan membahas tips seputar traveling berdasarkan pengalaman yang saya alami ketika berkunjung dan menjelajah suatu tempat atau destinasi.

Langsung saja, espisode pertama, 5 TIPS MEMULAI HOBI TRAVELING?

RISET (Persiapan)

Pertama, untuk memulai suatu perjalanan wisata kita harus menggali informasi sebanyak mungkin tentang destinasi atau kota yang akan menjadi tujuan traveling. Riset merupakan salah satu persiapan yang cukup penting untuk diperhatikan, bertujuan untuk mengetahui kondisi atau suasana, akses transportasi, informasi wisata, serta hal menarik apa saja yang bisa kita dapatkan di sana. Riset akan menjadi referensi kita untuk menentukan budget yang harus dikeluarkan, peralatan apa saja yang harus dibawa, serta persiapan lainnya.

BUDGET (Anggaran Biaya)

Kedua, setelah mengumpulkan data hasil riset, langkah selanjutnya adalah kita harus menghitung anggaran biaya apa saja yang harus dikeluarkan selama perjalanan traveling. Mulai dari biaya sebelum berangkat, ketika di perjalanan atau destinasi dan pasca jalan jalan. Menentukan budget perjalanan akan memudahkan kita untuk mengumpulkan dan tidak perlu menggunakan alokasi anggaran keuangan atau kebutuhan lainnya.

PERALATAN (Logistik)

Ketiga, setelah menyelesaikan pengumpulan data hasil riset dan perhitungan budget, selanjutnya kita harus menyiapkan peralatan apa saja yang harus disiapkan untuk menunjang perjalanan selama di destinasi. Poin penting yang harus diperhatikan bawalah peralatan seefektif dan seefisien mungkin, jadi jangan membawa peralatan yang tidak akan dipergunakan sehingga tidak akan menambah beban pada tas atau bawaan.

FISIK (Kesehatan)

Keempat, mempersiapkan kondisi fisik dan mental sebelum berangkat, pastikan fisik kita dalam keadaan sehat walafiat. Sehingga perjalanan yang akan dilakukan akan menjadi menyenangkan dan memberikan dampak positif untuk diri kita setelahnya.

KOMUNIKASI

Kelima, kita harus berkomunikasi. Mengkomunikasikan kepada orang terdekat mengenai rencana perjalanan yang akan kita lakukan, hal ini menjadi penting agar mengantisipasi ketika terjadi kondisi darurat. Selama menjelajah di destinasi, komunikasi penting untuk bisa berbaur dan merasakan suasana bersama warga lokal. Komunikasi juga menjadi perantara untuk dapat menggali informasi dan pengetahuan tentang destinasi yang kita jelajah, bisa mengenai budaya, tradisi, sejarah, kuliner dan hal menarik lainnya sebagai oleh-oleh yang amat berharga.

#

Sekian tips yang bias saya bagikan untuk memulai hobi travelingmu, apabila ada tips lain bias berbagi di kolom komentar ya. Selamat di perjalanan, salam lestari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: