Throwback Ramadhan: Singgah Di Masjid Nusantara (Part 1)

Assalamualaikum, bagaimana ibadah puasanya kawan-kawan? Lancar dan berkah ya, Aamiin.

Masjid pada bulan Ramadhan merupakan tempat yang banyak ditempati umat islam untuk melaksanakan serangkaian Ibadah. Banyak orang yang berlomba-lomba mengerjakan kebaikan dan memakmurkan masjid untuk mengharapkan pahala yang dilipatgandakan Allah Swt. Indonesia sebagai negara dengan mayoritas muslim punya banyak arsitektur masjid yang megah, unik dan menarik untuk disinggahi. Pengalaman saya saat mengunjungi berbagai wilayah di Nusantara, juga berkesempatan untuk singgah di beberapa masjid yang menurut saya unik dan menarik.  Mungkin bisa menjadi referensi untuk wisata religi di bulan Ramadhan ini.

  1. Masjid Raya Al Munawwar – Ternate, Maluku Utara

IMG_20171013_131623

Terkenal dengan salah satu kesultanan atau kerajaan Islam yang besar, Ternate punya peranan besar dalam penyebaran agama Islam di Nusantara. Terdapat banyak masjid yang memiliki karakterisitik unik dan menarik, seperti masjid kesultanan, dan Masjid Raya Al Munawwar.

TTE 1

Masjid Al Munawar merupakan simbol kebesaran Islam di Ternate, dengan letaknya yang menarik tepat dipinngir laut. Ada fenomena unik di masjid ini di setiap pelaksanaan sholat Jumat. Pihak pengurus masjid akan mengumumkan mualaf yang masuk islam setiap pekannya, dan menurut keterangan warga hampir setiap Jumat selalu ada mualaf yang bersyahadat dan masuk Islam. Subhanallah…

  1. Masjid Muhammad Cheng Hoo – Palembang, Sumatera Selatan

PLM 2.JPG

Masjid bernama lengkap Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho dibangun atas prakarsa Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Palembang, yang pada awal keberadaannya dibangun untuk menjaga hubungan baik antara masyarakat keturunan Tionghoa dengan masyarakat Palembang.

plm-1.jpg

Hal menarik di Masjid Cheng Ho ini terdapat dua menara yang masing-masing diberi nama Habluminallah dan Hambluminannas. Kedua menara tersebut memiliki 5 tingkat yang melambangkan jumlah 5 waktu shalat dan tinggi menara mencapai 17 meter yang melambangkan jumlah rakaat yang perlu dikerjakan oleh setiap muslim dalam sehari. Sementara di bagian luar menara dibubuhi ornamen khas Palembang berupa tanduk kambing, yang memaknai kedekatan antara kebudayaan Palembang dengan kebudayaan Tionghoa.

  1. Masjid Raya Baiturrahman – Banda Aceh, Aceh

ACEH 2.JPG

Jika bertanya tentang destinasi apa yang harus dikunjungi saat berkunjung ke Aceh yang terkenal dengan julukan Kota Serambi Makkah, jawabannya adalah Masjid Raya Baiturrahman. Masjid yang merupakan situs bersejarah ini telah ada sejak era kejayaan Kesultanan Aceh yang bertahan hingga sekarang.

aceh-5.jpg

Cerita menarik yang ada di masjid ini salah satunya ketika gelombang tsunami setinggi 21 meter menghantam pesisir Banda Aceh pada tahun 2004, masjid ini termasuk bangunan yang selamat meskipun terjadi kerusakan di beberapa bagian masjid. Saat ini, Masjid Raya Baiturrahman menjadi pusat pengembangan aktivitas keislaman bagi masyarakat Banda Aceh.

  1. Masjid Agung Babussalam – Sabang, Aceh

sabang-1.jpg

Terdapat banyak masjid indah berdiri di Kota Serambi Makkah, selain Masjid Raya Baiturrahman di Kota Sabang ada Masjid Agung Babussalam yang bisa memberikan kesejukan saat berkunjung ke ujung barat Nusantara.

sabang-2.jpg

Masjid Agung Babussalam ini sangat indah dengan arsitekturnya yang khas dengan bernuansa timur tengah. Letaknya yang sangat strategis di pusat Kota Sabang, membuatnya mudah untuk dikunjungi. Kesan bersih dan rapi membuat kita betah di dalam mesjid ini baik untuk melaksanakan ibadah wajib atau melakukan shalat sunat hingga itikaf di waktu malam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: