Sebuah Gradasi Desa, Kota dan Pantai : Salam Gorontalo (Part II)

Dari Limboto di Kabupaten Gorontalo, tujuan saya selanjutnya di Bumi Serambi Madinah adalah Kota Gorontalo. Sepanjang perjalanan dari Limboto ke kota Gorontalo pemandangan khas pedesaan masih terasa, yang kemudian tergradasi ketika laju kendaraan memausuki perbatasan kota Gorontalo. Suasana pun sedikit berubah dan berbeda dengan suasana di kabupaten.

DSC00243
Mesjid Limboto

Sesampainya di kota, setelah berkemas dan beristirahat, saya melanjutkan penjelajahan saya menikmati malam di Gorontalo kota. Salah satu tempat yang menarik untuk menunaikannya adalah dengan menikmati hidangan kuliner seafood di Kampung Tepi Laut Lahilote, dengan ikan tuna masih menjadi primadona di sini. Salah satu rekomendasi tempat makan di sini adalah rumah makan Ratu dengan konsep rumahan menyajikan masakan laut yang segar.

Puas mengisi perut, menjelajah sudut kota Gorontalo bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan malam. Beragam aktifitas bisa dilakukan di sini, mulai dari berkeliling kota menggunakan bentor, nongkrong sambil menikmati kopi khas gorontalo, bersantai di pusat perbelanjaan atau mall, atau menikmati taman dan ruang terbuka publik lainnya. Selain menarik, aktifitas berikut juga ramah di kantong namun kaya cerita.

DSC00250
Salah satu sudut Pantai Gorontalo

Setelah bermalam dan mengistirahatkan tubuh, pagi itu saya langsung bergeas menuju kawasan pantai selatan Gorontalo. Penasaran dengan panorama pantai yang tak sempat terlihat di waktu malam, pagi itu saya dibuat takjub dengan pemandangan laut lepas Gorontalo bagian selatan itu. Indah sekali lukisan tuhan yang sedang aku nikmati saat itu, sungguh. Perumpamaan yang tidak berlebihan rasanya ketika melihat birunya laut seluas mata memandang dengan berjejernya beberapa kapal dan peruhu nelayan, serta dihiasi kumpulan awan tipis di birunya langit yang cerah, sudah lebih dari cukup untuk mengembalikan semangat dan membuat saya bahagia. Pasti masih banyak tempat seindah ini di tanah air Indonesia, ucapku dalam benak. Semoga bisa melihatnya secara lansung bergantian kelak. Aamiin.

DSC00319
Pemandangan Pantai Gorontalo

Wisata pantai di gorontalo memang terdapat banyak hal menarik yang harus dicoba, seperti berenang dekat dengan Hiu Paus atau Whileshark yang terkenal itu. Namun sayang, kedatangan saya ke Gorontalo bukan waktu yang tepat, karena bukan musimnya sang Hiu Paus berenang di peraian tepi laut Gorontalo. Meskipun begitu, saya tetap puas bisa menjelajah pantai-pantai di sini, semuanya indah dan memanjakan pandangan saya, ada pantai Lahilote, Pantai Dulanga, dan Pantai Batudaa.

DSC00379
Salah satu Benteng Otanaha

Puas menikmati suguhan wisata bahari, tidak lengkap rasanya jika mengunjungi wilayah kekuasan penjajah di masa lalu tidak mengunjungi tempat-tempat bersejarah di masa penjajahan dan kemerdekaan dulu. Sama seperti wilayah lainnya di sekitaran Sulawesi dan Maluku, banyak terdapat benteng-benteng yang dibangun sebagai sarana penunjang peperangan. Seperti di Ternate dan Ambon terdapat beberapa benteng yang saya kunjugi, begitu juga di Gorontalo terdapat benteng yang juga bersejarah. Sebut saja Otanaha, benteng yang memiliki beberapa bagian dinding-dinding ini terletak di ketinggian dengan suguhan pemandangan Gorontalo yang mempesona.

DSC00370
Melompat di dalam Benteng Otanaha

Benteng Otanaha memiliki tiga benteng terpisah, ada yang menghadap ke bukit, ada yang menghadap ke arah Kota Gorontalo, dan yang menghadap ke danau Limboto di Kabupaten Gorontalo. Jika berkunjung ke tempat bersejarah, maka siapkan pengetahuanmu dan tanyakan ceritanya kepada guide, pengelola tempat wisata atau masyarakat sekitar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: