Explore Jambi: Kota dengan Sungai dan Jembatan (Part I)

Pulau Sumatera memang tidak habis untuk dijelajahi potensi keindahan alamnya, dari ujung utara Aceh hingga ujung selatan Lampung memiliki potensi yang beragam. Jambi yang merupakan salah satu kota dan provinsi di Pulau Sumatera juga kaya akan potensi wisata, baik wisata alam maupun wisata kota.

Kunjungan saya kali ini ke Kota Jambi untuk menghadiri kegiatan di kampus Universitas Jambi. Seperti yang selalu saya lakukan dalam setiap pejalanan ke luar kota adalah mencari destinasi atau tempat wisata yang menarik di daerah tersebut.

_mg_0845
Foto di Jalur Pedestrian Gentala Arasy

Jambi merupakan wilayah yang banyak dilewati aliran sungai yang cukup luas, sebut saja Sungai Batanghari yang terkenal sebagai sungai terpanjang di Pulau Sumatera itu. Memilki panjang sekitar 800 km, Batanghari mengaliri Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Barat. Tak heran dengan banyaknya aliran sungai tersebut, banyak beberapa Jembatan dan jalur pendestrian yang dibangun di atas sungai guna menyatukan satu wilayah dengan wilayah lainnya di Jambi.

_mg_0884
Sungai Batanghari di Malam Hari

Salah satunya jembatan yang ikonik di Kota Jambi adalah Jembatan Batanghari dengan desain arsitektur yang menarik membentang di atas sungai Batanghari. Kemudian Jembatan Auduri yang menjadi penghubung jalur lintas Sumatera yang juga membentang di atas sungai. Yang terbaru adalah Gentala Arasy yang merupakan jalur pendestrian menghubungkan Kota Jambi dengan Jambi sebrang untuk dilalui para pejalan kaki. Arsitekturnya yang unik mengingatkan saya pada jembatan-jembatan keren di dunia.

_mg_0924
Gentala Arasy Malam Hari

Cara menikmati suguhan pemandangan bentangan jembatan di Jambi adalah dengan berlayar menggunakan perahu atau sampan para nelayan yang banyak ditemui di sekitar ujung jembatan. Namun saying, ketika saya berada di Jambi selalu turun hujan yang sangat tidak disarankan untuk melakukan kegiatan pelayaran di sungai. Lain waktu harus mencobanya jika berkunjung lagi ke Jambi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: