Melancong ke Negeri Sabang: Menikmati Keindahan Iboih (Part II)

Saat kecil di bangku sekolah dasar dulu, sering sekali kita mendengar lagu ‘dari Sabang sampai Merauke’ yang sering dinyanyikan di sekolah. Sekarang kaki saya akhirnya menginjak batas wilayah paling barat Indonesia itu, Pulau Weh Sabang.
Baca Melancong ke Negeri Sabang: Kilometer Nol Indonesia

_MG_0122
Resort Kawasan Wisata Iboih

Iboih merupakan sebuah desa yang terletak di kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Aceh. Perjalanan menuju Iboih dari pelabuhan Blohan di Sabang bisa ditempuh dalam waktu 40-60 menit, dimanjakan dengan panorama perbukitan dan kawasan hutan Pulau Sabang dengan sesekali berlatarkan laut. Selain monument Kilometer Nol Indonesia, pesona Iboih dapat dinikmati melalui beberapa destinasi wisata, mulai dari menikmati dan bermain air di pantai, snorkeling, di Pulau Rubiah hingga menjelajah goa laut di Goa Sarang.

_MG_0116
Pulau Rubiah

Sepanjang garis pantai Iboih dan Gapang merupakan destinasi favorit untuk melepaskan penat. Peraiaranya dikelilingi laut lepas yang diapit oleh selat Malaka dan samudera Hindia, pantai Iboih akan memanjakan liburan wisata baharimu. Selain pantai yang cantik dengan air yang bersih dan jernih, di kawasan Iboih juga terdapat resort-resort cantik dengan pemandangan langsung dengan laut dan restoran yang akan memanjakan lidah pengunjung.

_MG_0128.JPG
Perairan di Iboih

Perairan di sekitar pantai Iboih airnya sangat bersih dan jernih, sehingga kita bisa melihat ikan-ikan berenang tanpa perlu snorkeling atau menyelam, namun jika ingin langsung menikmati dari dekat snorkeling bisa jadi cara menarik untuk berinteraksi dengan para biota laut yang cantik. Spot paling menarik yang harus dicoba adalah menyelam di sekitar Pulau Rubiah yang hanya menyebrang sekitar 10-15 menit saja dari pantai Iboih atau pantai Gapang.

Tidak jauh dari Iboih, terdapat destinasi unik yang menantang para pengunjung untuk mencobanya. Menjelajah dan menikmati goa dan pantai sekaligus di Pantai Goa Sarang. Goa sarang menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan ketika dilihat dari atas tebing dimana terdapat dua gugusan pulau mungil yang cantik. Kamu bisa berfoto dan sejenak bersantai menggunakan ayunan dengan latar lautan dan goa sarang sebelum turun ke goa sarang.

DCIM107MEDIA
Selfie di Ayunan dengan Latar Pemandangan Goa Sarang

Pulau Sabang masih sangat asri alam dan lingkungannya, sehingga harus dijaga dan dilestarikan agar keberadan flora dan fauna yang ada di habitatnya tetap menjadi penyambut para pendatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: