Ternate yang Terkenal: Peristiwa dan Peninggalan Bersejarah (Part 4)

Nama besar Ternate terkenal dengan sejarah kesultanannya yang mungkin sudah kita kenal melalui pelajaran sejarah di bangku sekolah. Setiap keberadaan kesultanan, biasanya akan meninggalkan banyak peninggalan bersejarah sebagai bukti keberadaannya. Peninggalan tersebut biasanya bisa ditemukan di museum atau pun melalui pameran wisata sejarah. Untuk belajar mengenai sejarah kesultanan Ternate dan mengetahui peninggalannya bisa ditemukan di komplek Kedaton Sultan Ternate, letaknya tidak jauh dari Pusat Kota dan Bandara Ternate.

Baca Ternate yang Terkenal: Bersantai di Pantai Cantik (Part 3)

IMG_20180323_132208_741
Kota Ternate

Mesjid Raya Al Munawar juga merupakah salah satu tempat yang bisa dikunjungi untuk mengetahui sejarah agama Islam, karena mesjid ini merupakan simbol kebesaran Islam di Ternate. Kesultanan Ternate merupakan salah satu kerajaan Islam tertua di Nusantara, keberadaannya memberikan pengaruh besar dalam penyebaran Islam di wilayah timur Indonesia dan bagian selatan Filipina. Fenomena unik di masjid ini di setiap pelaksanaan sholat Jumat, pengurus mesjid akan mengumumkan nama mualaf yang masuk Islam setiap pekannya, dan menurut keterangan warga hampir setiap Jumat selalu ada mualaf yang bersyahadat dan masuk Islam. Baca Juga Jelajah Ternate Terkenal: Destinasi Kota Kekinian (Part 1)

IMG_20171013_131623
Mesjid Al Munawar

Selain itu, peninggalan kesultanan juga bisa ditemukan dengan adanya beberapa benteng sebagai sarana perang di masa lalu. Benteng-benteng tersebut saat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di Ternate. Selain sebagai sarana berlibur, juga menjadi wisata sejarah yang dapat menambah pengetahuan. Benteng yang bisa dikunjungi diantaranya Benteng Tolukko yang berada dekat dengan Bandara dengan pemandangan kota bahari Ternate. Kemudian ada Benteng Front Orange yang berlokasi di tengah kota Ternate. Lalu Benteng Kalamata yang terletak di tepi laut, berlokasi di dekat pelabuhan dan perkampungan nelayan.

DCIM107MEDIA
Benteng Kalamata

Selain peninggalan kesultanan, terdapat peninggalan alam yang besejarah sebagai bukti terjadinya peristiwa besar di Ternate. Peristiwa Letusan gunung api Gamalama merupakan salah satu peristiwa letusan besar di Indonesia. Erupsi yang terjadi pada Nopember 1907 menghasilkan leleran lava yang mencapai lereng Gunung api Gamalama. Aliran lava tersebut berubah menjadi Batuan beku yang kini dikenal menjadi destinasi wisata Batuangus. Sebagai kota yang bernaung di bawah kaki gunung, peristiwa letusannya memberikan dampak besar yang meninggalkan peninggalan. Batu Angus terletak di kawasan Terau, sebelah timur laut dari arah Bandara Sultan Baabullah.

Baca Juga Ternate Yang Terkenal: Destinasi Alam Yang Memukau (Part 2)

Apa saja buah tangan atau oleh-oleh khas dari kota kesultanan ini? Tunggu jawabannya di tulisan berikutnya ya…

2 thoughts on “Ternate yang Terkenal: Peristiwa dan Peninggalan Bersejarah (Part 4)

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: