Ternate yang Terkenal: Bersantai di Pantai Cantik (Part 3)

Selain menunjungi destinasi alam di ketinggian yang keren di Ternate yang sudah saya ceritakan di tulisan sebelumya, turun menuju ketinggian 0 mdpl (meter di atas permukaan laut) terdapat hamparan cantik pantai-pantai khas kepulauan Maluku. Cantik pemandangannya, bersih dan jernih air lautnya, merdu suara gerusan ombaknya dan kedamaian suasana lepas serasa bercengkrama dengan alam. Hamparan pantai di Ternate tersebar secara merata di setiap sudut pulau, mulai dari timur hingga bagian barat.

Baca Ternate Yang Terkenal: Destinasi Alam Yang Memukau (Part 2)

Pantai pertama merupakan pantai yang dekat dengan Bandara Sultan Baabullah, dengan pemandangan kepulauan Maluku Utara serta berjejernya kapal-kapan nelayan dan beberapa kapal besar. Pantai Tafure namanya, yang merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat matahari terbit yang muncul dari celah-celah pulau.

IMG_3601
Pemandangan di Pantai Tafure

Kemudian ada Pantai Fitu yang merupakan salah satu pantai dengan pemandangan khas yang dikenal dengan monumen uang seribu rupiah, yaitu berdampingnya pulau Tidore dan Maitara yang dengan jelas terlihat di depan mata. Pantai Fitu terletak di kawasan Gambesi bagian barat pulau Ternate. Tak jauh dari pantai Fitu, terdapat pantai dengan pemandangan cantik dengan terdapat beberapa rumah nelayan. Uniknya pantai ini dapat dilihat dari atas benteng, yaitu Benteng Kalamata yang bisa menjadi cara berbeda dalam menikmati Pantai.

IMG_3446
Penampakan Pulau Tidore dan Maitara dari sektaran Pantai Fitu

Pantai selanjutnya adalah Pantai Akerica, sebuah pantai yang bisa dibilang merupakan bagian dari kawasan perkampungan rumah warga. Ketika kamu berkunjung ke pantai ini, akan banyak ditemukan aktivitas warga di sekitar pantai yang akan memberimu kesan berbeda dari hanya sebuah menikmati keindahan alam. Selain itu, Pantai Akerica juga merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati matahari terbenam atau sunset, karena jika beruntung kamu bisa mendapatkan objek matahari secara utuh dan sempurna. Sayang ketika saya berkunjung cuaca sedang tidak bersahabat, sehingga matahari yang terbenam tertutup oleh awan.

IMG_3572
Aktifitas Warga di Pantai Akerica

Bergeser ke tepi barat laut akan ditemukan pantai yang unik, karena biasanya di tepi pantai terdapat laguna, disini kamu akan menemukan sebuah danau kecil yang tenang. Pantai Tolire namanya, berpasir hitam yang bersih dengan pemandangan yang langsung berhadapan dengan pulau Hiri. Dekat dengan Pantai Tolire berjejer pantai-pantai cantik laninya seperti Pantai Jikomalomo dan Pantai Hol Sulamadha.

IMG_3621
Pemandangan di Pantai Tolire

Ada hal menarik apa saja yang bisa kamu temukan dan kamu bawa sebagai buah tangan di Ternate? Tunggu jawabannya di tulisan berikutnya ya…

 

Baca Jelajah Ternate Terkenal: Destinasi Kota Kekinian (Part 1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: