Jelajah Ternate Terkenal: Destinasi Kota Kekinian (Part 1)

Ternate merupakan salah satu kota yang memiliki letak geografis unik, dimana kota ini terletak persis di bawah kaki gunung api Gamalama. Nama Ternate mungkin sudah tak asing dalam pikiran kita, karena kota ini sudah kita kenal sejak dari bangku sekolah dasar. Bahkan sejarah kesultanan Ternate telah ada sejak zaman kolonial Portugis.

IMG_20180315_093729_583
Gunung Gamalama, Ternate

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia bagian timur, Ternate berkembang sebagai salah satu wilayah maritim nusantara yang merupakan salah satu kerajaan islam terbesar di Indonesia. Tidak hanya besar dengan sejarahnya, kota di Provinsi Maluku Utara ini juga memiliki pesona wisata yang lengkap mulai dari gunung, laut, pantai, danau, hingga budaya dan kearifan lokal masyarakatnnya.

Kesempatan berharga ketika saya dapat berkunjung ke Ternate dan mengeksplor keindahan alamnya meskipun dalam waktu yang singkat. Selama tiga hari di Ternate, saya berkunjung ke berbagai tempat dan destinasi yang sangat berkesan dan membuat portfolio perjalanan saya menjadi semakin kaya.

IMG_3288
Suasana Tapak Ternate

Destinasi di Ternate tersebar merata hampir di semua sudut pulau. Seperti destinasi Tapak yang merupakan kawasan tempat tongkrongan kuliner, yang terletak di pusat kota persis di samping pantai membuat suasana kulineran semakin nikmat. Beberapa kulier yang harus dicoba ketika berkujung ke kawasan Tapak adalah menu Air Guraka yang dinikmati bersamaan dengan pisang goreng dan kacang ikan teri yang khas. Tak jauh dari kawasan Tapak, terdapat salah satu pantai cantik bernama Falajawa yang menjadi ikon landmark Kota Ternate. Selain itu, Pantai Falajawa juga merupakan salah satu spot cantik untuk menikmati sunrise di Ternate.

DCIM107MEDIA

Masih di pusat kota, destinasi berikutnya yang harus dikunjungi adalah Mesjid Raya Al Munawar yang merupakan symbol kebesaran Islam di Ternate. Ada fenomena unik di masjid ini di setiap pelaksanaan sholat Jumat. Pihak pengurus mesjid akan mengumumkan jumlah mualaf yang masuk islam setiap pekannya, dan menurut keterangan warga hampir setiap Jumat selalu ada mualaf yang bersyahadat dan masuk Islam. Subhanallah…

IMG_20171013_131623
Mesjid Raya Al Munawar di Tepi Laut Ternate

Tepat di samping mesjid, kamu bisa bersantai di Taman Nukila sambil menikmati panorama laut di utara Maluku. Jika beruntung, dari sini bisa melihat berbagai kapal yang sedang singgah di perairan Maluku Utara yang bisa jadi objek foto menarik. Selain destinasi alami, tidak jauh dari destinasi ini kita bisa menjelajah pusat kota seperti melihat pusat perbelanjaan modern sembari berburu oleh-oleh khas Ternate.

Destinasi alam apa saja yang bisa dikunjungi di kota kesultanan ini? Tunggu jawabannya di tulisan berikutnya ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: