Mimpiku Berwujud Kearifan Budaya Raja Ampat

Bercerita tentang Raja Ampat, ada kata-kata yang menginspirasi saya agar terus bermimpi untuk mengunjunginya. “Orang boleh bertualang sejauh mungkin, tapi selama ia tak ke Raja Ampat, ia akan rugi di dalam sepanjang hidupnya.”

Siapa yang tak kenal Raja Ampat, siapa juga yang tak ingin mengunjunginya. Keragaman budayanya menjadi bukti kekayaan Nusantara. Kekayaan alam dari flora dan faunanya, membuat Raja Ampat jadi destinasi impian para petualang. Seperti saya yang selalu bermimpi untuk dapat mengunjunginya, agar tak merasakan kerugian dalam hidup saya.

Perjalanan menuju Raja Ampat dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menyusuri samudera dengan kapal laut hingga terbang di udara menggunakan pesawat. Saat ini tiket penerbangan dapat dengan mudah dipesan di tiket.com, dengan penawaran dan berbagai fasilitas menarik yang buat kita bisa mendapatkan #TiketKemanapun untuk menuju ke destinasi impian. Selain tiket penerbangan, kamu juga bisa memesan hotel atau penginapan di tiket.com, dengan banyak menyediakan pilihan yang akan membuat tempat istirahat kita menjadi nyaman selama di destinasi impian.

Penduduk Pulau Raja Ampat
Penduduk Pulau Raja Ampat, Foto: http://www.indo-kaya.com

Raja Ampat memang terkenal dengan keindahan alam laut dan pesona wisata baharinya. Tentu dari tempat yang indah akan membentuk dan melahirkan keragaman budaya yang penuh pesona. Maka belum lengkap pergi ke Raja Ampat, ketika belum berkenalan dan menjelajah tradisi, budaya dan kearifan lokal masyarakat di sana.

Banyaknya pulau-pulau di Raja Ampat membuat sebaran suku yang mendiami pulau tersebut juga beragam dengan kebudayaannya masing-masing.

Ada desa wisata Sawingrai berada di Distrik Meos Mansar yang memiliki pesona budaya dan kearifan lokalnya ketika menyambut kedatangan tamu yang berkunjung dengan upacara pembasuhan. Pembasuhan merupakan upacara penyambutan yang memiliki makna cerminan simbol adat sebagai bentuk ramah tamah dan sopan santun masyarakat Raja Ampat kepada pengunjung. Letak desa Sawingrai yang tepat berada di bibir pantai membuat keindahan budayanya, disempurnakan dengan keindahan pantai dan wisata bawah airnya yang memanjakan.

Desa wisata selanjutnya adalah Arborek, yang tersohor dengan kerajinan khas Papua yang dibuat dengan cara tradisional. Desa Arborek juga terkenal dengan konservasi lingkungan dan keindahan bawah lautnya seperti di desa Sawingrai karena berdekatan dengan laut. Kesenian khas Raja Ampat lainnya antara lain Tarian Wor, Mapia, Mambefor, Main Moun, Tarian Batpo, Tarian Yako dan kesenian Seruling Tambur, yang kesemuanya akan diiringi oleh alunan musik khas Papua, seperti Tifa, gong (mambokon), tambur (bakulu), gitar, seruling dan alat musik tiup dari kerang laut.

Burung-Cenderahwasih
Burung Cendrawasih, Foto: http://www.biodiversitywarriors.org

Kearifan lokal Raja Ampat juga mencerminkan identitas kebudayaannya yang khas. Seperti melihat burung khas Papua Cendrawasih yang menari-nari di alamnya, merupakan salah satu pengalaman yang menakjubkan ketika berkunjung ke Raja Ampat. Tempat terbaik yang harus dikunjungi untuk melihat burung Cendrawasih adalah di Yen Beser, sebuah hutan alami habitat burung tersebut.

Sebagai surga kuliner, setiap daerah di Indonesia mempunyai makanan khasnya masing-masing yang wajib dicoba oleh setiap pelancong yang berkunjung. Menutup perjalanan ke Raja Ampat akan lebih lengkap dengan menyantap kuliner khas masyarakat di sana. Makanan yang harus dicoba ketika di Raja Ampat antara lain Papeda, makanan khas Papua yang terbuat dari sagu dengan sajan kuah kuning berlauk ikan segar khas dari perairan Raja Ampat.

Kuliner lainnya yang harus dicoba adalah Barapen Ayam, kuliner asli Raja Ampat yang menggiurkan. Uniknya dari makanan ini adalah cara memasaknya dengan menggunakan batu yang dibakar, lalu ditaruh di dalam drum yang sudah berisi bumbu yang kemudian dicampur dengan gading ayam. Selain itu ada juga sate ulat sagu, makanan unik dengan kandungan nutrisi yang tinggi untuk menambah energi saat melakukan perjalanan. Puas menyantap makanan, jangan sampai terlewat untuk menikmati minuman tradisional khas Raja Ampat, yaitu Saguer yang terbuat dari air kelapa muda yang difermentasikan. Keunikan dari minuman ini adalah dapat menyebabkan mabuk ketika dikonsumsi secara berlebihan.

Raja Ampat merupakan surga budaya dan kearifan lokal masyarakat Papua yang sangat mempesona, di dalamnya tersaji berbagai tradisi, kesenian, hingga kuliner yang khas. Pantas saja mengunjunginya merupakan impian para petualang.

Referensi:

 

Baca Juga : Mimpiku Berwujud Alam Raja Ampat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: