Kuliner Rujak Khas Ambon

Maluku merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alam dan wisata baharinya. Selain keindahan wisata, Maluku juga punya cita rasa kuliner yang khas. Salah satunya Rujak khas tanah Ambon.

IMG_4729
Bumbu Rujak Natsepa dengan Campuran Gula Aren, Kacang Tanah, Garam, dan Asam Jawa

Ambon adalah ibu kota dari Provinsi Maluku yang ikonik dengan Teluk Ambonnya. Sebagai salah satu kota yang tinggi potensi baharinya, menjadikan kuliner hasil laut jadi andalan warga Ambon. Meskipun kaya akan hasil laut, Kuliner di Ambon tidak melulu soal ikan. Kamu mungikin mengenal Ambon dengan Roti Kenari, Kacang Ambon, Pisang Asar hingga Kue Sagu atau Bagea. Kali ini saya akan menyajikan salah satu cita rasa kuliner khas Ambon yang juga terkenal dengan nama Pantainya, ya Rujak Natsepa.

Setiap daerah di Nusantara mungkin mempunyai cita rasa rujak yang berbeda-beda, beda daerah beda rujaknya. Nama rujak natsepa ini diambil dari nama salah satu pantai indah di Ambon, yaitu pantai Natsepa. Rasa rujak natsepa ini sangat enak, manis, gurih dan segar karena berasal dari buah-buahan segar, seperti mangga, nanas, papaya, pala, belimbing, timun, bengkoang, dan jambu. Keunikan rasa rujak natsepa ini ada pada bumbunya yang khas. Bumbunya terbuat dari campuran gula aren, kacang tanah goring, asam jawa dan garam yang diulek menjadi satu. Bahan dari bumbu rujak ini berasal dari kekayaan alam tanah Ambon.

IMG_4728
Ulekan Bumbu Rujak Natsepa

Jika kamu termasuk penggemar kuliner yang berselera pedas tinggi, rujak natsepa bisa jadi salah satu menu kiliner pedas yang harus kamu coba. Kamu tinggal minta tolong sama ibu penjualnya untuk menambahkan jumlah cabenya.

Kamu cukup menyiapkan uang sekitar Rp 10.000 – 20.000 saja untuk dapat menikmati rujak Ambon ini. Menyantap Rujak natsepa akan berasa sangat nikmat, karena dinikmati langsung di pinggir pantai Natsepa yang indah. (Ad/)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: