Memandang Keindahan Dekat Ibu Kota: Episode Gunung Batu Jonggol

Jakarta, Ibu Kota yang memberikan kesan kepenatan dengan hirup pikuknya kehidupannya. Meskipun begitu kedengarannya, Ibu Kota masih menyimpan keindahan di dekatnya.

Setelah dalam tulisan saya sebelumnya membahas wisata Gunung Kencana di Puncak Cisarua Bogor sebagai salah satu destinasi alam yang bisa kamu kunjungi dari Jakarta, kali ini saya akan kasih informasi destinasi lainnya yang dekat dari ibu kota.

Jonggol merupakan sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Bogor. Kawasan Jonggol dikenal sebagai salah satu tempat yang masih menyimpan keindahan alamnya yang masih asri. Terletak di daerah pegunungan membuat jonggol kaya akan destinasi alam, seperti gunung, bukit, air terjun hingga ladang dan perkebunan warga yang memanjakan mata. Salah satu destinasi yang sempat hits di kalangan pencinta alam di Jonggol adalah Taman Wisata Gunung Batu.

IMG_3208
Gunung Batu Jonggol

Persis seperti namanya, Taman Gunung Batu merupakan perbukitan vertical yang di puncaknya hampir dipenuhi oleh bebatuan yang cukup besar. Gunung Batu Jonggol memiliki ketinggian 875 mdpl (meter di atas permukaan laut) saja, sangat cocok untuk kamu pecinta ketinggian tanpa harus bersusah-susah dalam mendakinya. Untuk mendaki gunung batu ini tidak terlalu sulit, karena jalur yang dilewati cukup aman, landai, hanya beberapa saja yang jalurya terjal. Waktu tempuh pendakian juga bisa dibilang cepat, hanya sekitar 60-90 menit saja untuk bisa sampai di puncak.

IMG_3264
Pandangan yang Luas dari Puncak Gunung Batu

Sepanjang jalur pendakian, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan jonggol yang khas dan menyegarkan. Di tengah jalur pendakian terdapat lahan cukup luas sebelum puncak yang dapat digunakan untuk mendirikan tenda dan berkemah dengan latar langsung menghadap kawasan alam Jonggol yang begitu menawan.

IMG_3220
Pemandangan Kawasan Jonggil dari Gunung Batu

Perjalanan dari Kota Jakarta menuju Jonggol cukup ditempuh dengan waktu sekitar 90-120 menit saja ke arah Cileungsi. Cukup menyediakan uang Rp 10.000,- hingga 20.000,- saja kamu sudah bisa menghilangkan penat di Taman Gunung Batu Jonggol. (Ad/)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: