Berenang Bersama Hiu di Pantai Bangsring

Hewan buas tak selalu berbahaya dan menyeramkan. Mungkin ketika masih kecil atau sedang jinak dan tidak merasa terganggu atau terancam, hewan buas juga bisa menggemaskan. Ikan Hiu misalnya, sang predator ini ternyata bisa kamu ajak berenang bareng. Berani mencoba?

Kawanan satwa yang ada di dunia ini seiring waktu terus menerus berkurang populasinya, bahkan ada yang terancam punah. Faktor produktivitas dan regenerasi jadi salah satu sebab satwa ini sulit berkembang biak. Parahnya pemburuan yang tidak bertanggung jawab memperburuk keadaan dan mengancam keberadaan satwa di dunia. Salah satunya adalah Ikan Hiu.

Ikan Hiu merupakan salah satu jenis satwa laut yang memiliki banyak keuntungan secara material, hampir di seluruh bagian tubuhnya. Hal ini yang menyebabkan maraknya perburuan Hiu di Dunia, termasuk di Indonesia. Kegiatan konservasi menjadi hal yang harus digalakan untuk kepentingan reproduksi dan regenerasi Ikan Hiu demi menjaga stabilnya ekosistem laut.

Pantai Bangsring merupakan salah satu tempat konservasi penangkaran Ikan Hiu di Banyuwangi atau wisatawan mengenalnya dengan Bangsring Under Water, tepatnya berada di Dusun Krajan, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo yang berjarak sekitar 27 kilometer dari Kota Banyuwangi, Jawa TImur.

Konsep penangkaran ikan Hiu yang digunakan adalah rumah apung yang menjadi daya Tarik wisata untuk rekreasi dan melakukan edukasi mengenai konservasi satwa di Pantai Bangsring. Rumah apung yang berjarak sekitar 20 meter dari bibir pantai tersebut mempunyai ukuran 27×7 meter dengan bangunan semacam gubuk dan dilengkapi toilet. Selain itu ada juga kolam keramba yang berukuran 3×3 meter yang berisi berbagai macam ikan yang berada di seputaran Pantai Bangsring yang digunakan untuk pembelajaran masyarakat yang singgah di rumah apung untuk mengenal berbagai macam jenis ikan yang ada di wilayah perairan Bangsring.

DCIM100MEDIA
Rumah Apung Pantai Bangsring

Selain rumah apung dimana konservasi Ikan Hiu dilakukan, Wisatawan bisa menikmati wisata bahari lain seperti snorkeling, diving, renang bersama anak ikan hiu serta memberi makan ikan laut liar yang ada di Selat Bali. Saat snorkeling, wisatawan bisa menikmati eksotisme pemandangan bawah laut yang dipenuhi dengan terumbu karang, koloni soft coral dan aneka ikan hias. Pemandangan tersebut sudah bisa dinikmati di kedalaman 50 sentimeter.

Hal menarik lain yang bisa kamu temukan di pantai bangsring adalah melihat kapal-kapal besar yang sedang berlabuh di pelabuhan, mulai dari kapal penumpang sampai kapal barang. Hal ini dikarenakan letak pantai bangsring berdekatan dengan Pelabuhan Gilimanuk di Selat Bali.

DCIM100MEDIA
Pulau Tabuhan di Selat Bali

Selain pantai Bangsring, destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di sekitar selat Bali ini adalah Pulau Tabuhan yang memiliki eksotisme pantai pasir putihnya, Pulau Merah dengan pantai dan gugusan karang besarnya, serta Pulau Menjangan dengan keindahan bawah airnya. Ayo berkunjung ke ujung timur Pulau Jawa!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: