Nuansa Afrika Indonesia di Taman Nasional Baluran

Angin berhembus beri rasa sejuk dari panasnya sengatan mentari di padang savana siang itu. Berlomba mencari pohon rindang untuk sekedar berteduh dan merasakan segar. Satwa liar berlarian dari satu sudut ke sudut padang lainnya, mungkin mencari perhatian pengunjung kawasan. Seperti sedang di Afrika saja.

Taman Nasional Baluran atau yang dikenal juga dengan julukan ‘Africa Van Java atau Little Africa’ merupakan salah satu taman nasional di Indonesia. Baluran merupakan kawasan pelestarian alam yang cukup lengkap dimana di dalamnya terdapat kawasan hutan, padan savana, hingga pantai dengan pemandangan indah bawah airnya. Kawasan Baluran mempunyai ekosistem asli dengan pengelolaan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, budidaya, pariwisata dan rekreasi.

IMG_2672
Padang Savana dengan Latar Gunung Baluran

Nama Baluran di ambil dari nama gunung yang terletak di kawasan ini yaitu gunung Baluran, yang berdiri kokoh menjadi latar pemandangan yang indah. Taman Nasional Baluran terletak di ujung timur Pulau Jawa, tepatnya di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Meskipun letaknya di Situbondo, wisatawan banyak mengetahui Baluran terletak di Kabupaten Banyuwangi. Hal tersebut bisa dibilang wajar, mengingat letak Taman Nasional Baluran berada di perbatasan Banyuwangi-Situbondo, juga banyaknya wisata lain di Banyuwangi, seperti Kawah Ijen, Gunung Raung hingga Pulau Menjangan, membuat Banyuwangi lebih dikenal wisatawan.

Review Kawah Ijen Link

Julukan Africa Van Java atau Little Africa memang sangat pantas diberikan untuk Baluran. Karena di Baluran terdapat padang Savana yang sangat luas dengan banyak satwa liarnya layaknya suasana di Afrika. Satwa liar yang bisa kamu temui diantaranya Banteng, Rusa, Ular, Kerbau, Monyet ekor panjang yang lumayan buas, sampai Burung Merak dengan ekornya yang sangat indah. Keberadaan satwa liar ini menjadi ciri khas kawasan konservasi Taman Nasional Baluran.

IMG_2659
Salah satu sudut pemandangan Savana Bekol

Terdapat beberapa destinasi alam yang bisa kamu kunjungi di Baluran. Mulai dari destinasi padang Savana Bekol yang luas, lebatnya hutan-hutan, indahnya bawah laut di Bama, Gua Jepang, Curah Tangis, Sumur Tua, Manting, Dermaga, Kramat, Kajang, Balanan, Lempuyang, Talpat, Kacip, Bilik, Sejileh, Teluk Air Tawar, Batu Numpuk, Pandean atau Candi Bang dan destinasi lainnya yang bisa kamu eksplor.

IMG_3174
Pesona Pantai Bama dengan Taman Mangrove dan Wisata Bawah Airnya

Taman Nasional Baluran memiliki luas sekitar 25 ribu hectare, yang terdiri dari beberapa jenis hutan, satwa, tumbuhan dan kawasan Vegetasi savana. Bahkan Baluran disebut-sebut sebagai miniaturnya hutan di Indonesia, karena hampir seluruh tipe hutan di Indonesia terdapat di Baluran. Sebut saja hutan Mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun atau hutan hijau Evergreen Forest.

IMG_2701.JPG
Seperti sedang di Afrika Bukan

Banyak hal menarik yang bisa kamu dapatkan ketika berkunjung ke Baluran. Merasakan suasana kehidupan alam yang benar-benar liar, mengamati kehidupan satwa liarnya, menikmati keindahan floranya, semuanya merupakan pengalaman yang akan hiasi kehidupanmu.

 

Sumber: Taman Nasional Baluran

 

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: