Sensasi Pulau Pribadi di Pulau Sempu

“Memang tidak mudah untuk mendapatkan keindahan. Sesuatu yang indah harus ditemukan dibalik sesuatu yang mungkin akan menyusahkan, tapi akan luar biasa. Seperti Pulau Sempu, Keindahan lain dibalik keindahan Pariwisata Malang.”

Mungkin kamu pernah berfikir ingin memiliki pulau yang bisa dinikmati sendiri? Pulau yang tenang dan damai untuk berdiam dari hirup pikuk kota. Menikmatinya, seperti tidak ada orang lain di sekitar. Sebuah tempat yang kamu cari untuk menemukan inspirasi baru yang membantu hidupmu lebih ceria. Untuk merasakan itu, Anda tak perlu pergi jauh ke luar negeri. Pulau Sempu, pulau nuansa pribadi di Indonesia.

Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Secara administratif pulau ini berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pulau yang ditumbuhi pepohonan tropis ini memiliki luas sekitar 877 hektar. Pulau yang memiliki keindahan ini merupakan wilayah cagar alam yang di kelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia. Secara resmi tempat ini diakui sebagai cagar alam sejak 1928 pada masa pemerintahan Hindia Belanda (Wikipedia).

Pulau Sempu memiliki berbagai jenis ekosistem mulai dari hutan pantai, hutan bakau, dan hutan tropis dataran rendah yang mendominasi seluruh pulau. Vegetasi yang ditemukan di Pulau Sempu diantaranya adalah bendo (Artocarpus elasticus), triwulan (Terminalia), wadang (Pterocarpus javanicus), ketapang (Terminalia catappa), waru laut (Hibiscus tiliaceus), pandan (Pandanus tectorius), Mangrove (Rhizophora mucronata dan Rhizophora apiculata), dan banyak lagi. Menariknya, nama Sempu dikatakan diambil dari nama salah satu jenis pohon yang ditemukan di pulau itu, namun pohon tersebut hampir sulit ditemukan saat ini (Wikipedia).

Kesempatan mengunjungi pulau ini saya dapat tahun kemarin saat berbarengan dengan pendakian gunung Semeru di Malang. Sebuah kesempatan yang langka bias menikmati dua keindahan alam sekaligus di 3676 mdpl dan di 0 mdpl. Izin cerita ya sedikit mengenai pengalaman berharga saya satu ini. Simak…

Sehari setelah pendakian puncak tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru, saya bersama teman-teman memutuskan untuk menjelajah kawasan Malang setelah memastikan badan kami sudah fit kembali. Mobil kami mulai melaju ke arah selatan Malang, dan Pantai Sendang Biru adalah tujuan kami kali ini. Pantai ini yang akan membawa kami menyebrang menuju pulau Sempu. Sesampainya di kawasan pantai, telah menunggu kapal-kapal beserta awak dan pemandu yang akan membawa kita ke pulau sempu. Biaya yang dikeluarkan adalah Rp 200.000 masing-masing Rp 100.000 untuk kapal dan pemandu. Karena untuk menjelajah pulau ini harus ditemani oleh seorang pemandu.

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di pulau yang cantik dengan keindahannya yang membuat kita terpesona. Berfoto merupakan hal yang harus dilakukan ditempat yang cantik ini, foto bersama atau pun foto selfie yang dapat menambah koleksi foto keren di socmed kamu. Atau dapat melakukan kemping ceria dengan teman-teman atau orang terdekat untuk melepas penat kehidupan. Bermain olahraga seperti bola pantai atau volley pantai dengan ditemani deburan ombak yang menggerus keadaan.

Banyak hal yang membuat saya terkesan selama di pulau sempu. Selain keindahan yang memanjakan mata, keindahan pulau kecil ini membuat saya bersyukur dan semakin penasaran untuk kembali menjelajah menemukan keindahan alam nusantara lainnya. (Ad/)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: