Keramahan Dieng dan Kecantikan Sunrise Gunung Prau

“Di dataran tinggi keindahan alam nusantara seolah meningkat kadarnya, Indonesia punya keindahan yang semakin tinggi semakin menjadi”. Keindahannya bukan hanya memanjakan mata yang memandangnya, namun juga menghangatkan tubuh yang disambut dinginnya udara perbukitan.”

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki potensi wisata alam luar biasa. Keelokan alam Indonesia memang menggoda untuk terus dijelajahi tiap jengkalnya. Salah satu keindahan alam Indonesia adalah kawasan wisata di dataran tinggi Dieng. Kawasan Dieng yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo ini, belakangan jadi primadona baru bagi wisatawan. Dieng kini tak pernah sepi, selalu ada keelokan yang bisa dinikmati jika berkunjung ke sini. Dieng Plateau memiliki kawasan obyek wisata yang indah dan banyak diminati para pecinta dunia traveling, baik dari dalam maupun luar negeri. Obyek wisata alam yang indah, dengan beragam bentuk keunikan tradisi lokal masyarakatnya, menjadikan Dieng sebagai salah satu destinasi wisata yang menjadi alternatif pilihan tempat wisata untuk di kunjungi di Jawa Tengah.

Dieng yang terletak di kawasan dataran tinggi dengan nuansa pegunungannya, menyebabkan kawasan ini memiliki hawa sejuk dan udara yang segar. Nuansa alam yang masih asri menyambut setiap kehadiran para wisatawan yang berkunjung di setiap obyek wisata yang ada di Dieng. Dan dari pengalaman pribadi dan para wisatawan yang yang pernah berkunjung, kita seperti di ajak mengenjungi sebuah negeri khayangan yang berada di atas awan, yang konon menurut cerita tempat ini menjadi persemayaman para dewa.

Wisata di dataran tinggi Dieng, kita dapat menemukan spot alam pegunungan yang cantik dengan telaga-telaga mata air, kawah-kawah dan candi-candi Hindu kuno yang indah bertebaran. Pengalaman berharga buat saya adalah berkesempatan mengunjungi dieng dengan mengeksplore beberapa tempat wisata, salah satunya adalah menikmati sunrise point di Puncak Gunung Prau atau Prahu. Di kawasan wisata dieng terdapat beberapa sunrise point yang menjadi tujuan penikmat mentari terbit selain Puncak Prau, Bukit Sikunir juga memiliki keindahan sunrise yang tak kalah memanjakan mata yang memandangnya. Untuk mecapai puncak Gunung Prau dapat ditempuh dengan dua jalur yang masing-masing menghabiskan waktu 2-3 jam dengan track yang tidak terlalu curam. Di Puncak Prau, kita dapat melihat keidahan bukit-bukit yang bertebaran dengan cantiknya. Tempat ini sering disebut sebagai Bukit Teletubies karena mirip seperti yang ada dalam sinema anak-anak tersebut.

Puas menikmati indahnya sunrise Puncak Prau, spot selanjutnya adalah menikmati keindahan Telaga Warna dengan berbagai prasasti yang tersimpan di dalam kawasan. Telaga Warna Dieng terbagi menjadi tiga spot telaga yang masng-masing berdekatan jaraknya. Di sini kita dimanjakan dengan spot fotografi yang dapat menambah koleksi foto perjalanan wisata kita. Kita juga dapat menambah wawasan dengan memperhatikan beberapa prasasti lengkap dengan keterangannya yang dapat kita ketahui.

Destinasi selanjutnya adalah mengunjungi salah satu spot candi di Dieng, Candi Arjuno. Candi Arjuno merupakan kawasan komplek yang terdiri dari beberapa candi kuno dengan hamparan nuansa pemandagan hijau di sekitarnya. Di kawasan komplek Candi Arjuno kita dapat melihat badut-badut yang berpakaian seperti Teletubies, Hello Kity, Tokoh Pewayangan dan sosok-sosok lainnya yang dapat kita ajak untuk berfoto.

Dieng bukan hanya dikenal dengan keindahan alamnya saja, namun keramahan masyarakat local membuat dieng menjadi salah satu destinasi yang menyenagkan. Tak heran banyak pengunjung yang langsung akrab dengan warga sekitar, ketika menginjakan kaki di tanah persemayaman para dewa ini.

SPOT WISATA DIENG PLATEAU

  • Pendakian Gunung Prau/Prahu
  • Bukit Sikunir (Sunrise Point)
  • Talaga Warna
  • Candi Arjuno
  • Dieng Theater
  • Batu Pandang
  • Dieng Festival

BIAYA PERJALANAN

  • Mini Bus Terminal Wonosobo-Dieng : Rp 15.000-20.000
  • Penginapan : Rp 250.000-500.000/hari
  • Sewa Kendaraan/Motor : Rp 50.000/hari
  • Tiket Wisata : Rp 5.000-20.000

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: