Mendaki Gunung : Belajar untuk Hidup!

“Mendaki gunung itu belajar bagaimana caranya hidup yang benar. Mengontrol ego dan hidup saling peduli dalam kebersamaan, bersyukur dan saling menghormati dengan setiap ciptaan-Nya”

Kegiatan mendaki gunung menurut sekelompok orang dianggap sebagai kegiatan yang melelahkan, dan hanya membuat badan menjadi sakit. Namun tidak demikian bagi mereka yang menyukai kegiatan alam, mendaki gunung adalah kegiatan yang menyenangkan. Dengan mendaki gunung, mereka dapat menemukan jati diri dan lebih bersyukur atas kehidupan yang dimilikinyanya. Bahkan terdapat ungkapan bahwa dengan mendaki gunung, seseorang dapat mengetahui karakter, watak dan kepribadian yang sesungguhnya. Misalnya dalam hal mementingkan ego.

Banyak beberapa pendaki yang beranggapan bahwa mendaki gunung adalah untuk menaklukannya dan berdiri di puncak gunung tersebut. Berdiri di puncak sebagai tujuan dalam melakukan kegiatan pendakian. Padahal tujuan dari kegiatan mendaki adalah kembali ke rumah dengan selamat dan bahagia. Berdiri di puncak merupakan bonus yang didapat ketika melakukan kegiatan mendaki. Poin penting yang harus didapatkan oleh seorang pendaki, adalah bagaimana dia bisa menaklukan egonya saat berjalan menuju puncak yang menjadi bonus yang harus didapatkannya. Dan inilah yang membuat kegiatan mendaki menjadi menarik dan menyenangkan untuk dilakukan.

Sayangnya, tak banyak pendaki yang menyadari hal ini. Fakta mengungkapkan dengan banyaknya fenomena kerusakan alam yang dibuat oleh kesalahan manusia itu sendiri, yang salah satunya mungkin karena terlalu mementingkan egonya. Banyaknya sampah bertebaran di gunung-gunung, secara tidak langsung merusak dan menghilangkan keindahan alam di gunung tersebut karena hanya peduli dengan ego pribadi.

Mari kita berkegiatan mendaki dengan tetap peduli dengan keadaan teman sekelompok dan alam tempat kita menginjakan langkah menuju keindahan yang diharapkan. Mari menjaga keindahan ciptaanya dengan kepedulian dan tidak merusaknya! (Ad/)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: