Eksotisme Gili Trawangan

“Sebagai Negara kepulauan, Indonesia punya segalanya dalam bidang pariwisata pantai. Sabang hingga merauke keindahan pantai nusantara berjajar merata memanjakan mata. Dari utara hingga selatan tanah air tak pernah kehabisan cerita yang membuat mata takjub dibuatnya.”

Mengulas wisata Indonesa memang taka ada habisnya. Mulai dari ribuan meter di atas permukaan laun (mdpl) hingga ke titik 0 meter, keberadaannya selalu indah dan menakjubkan. Tak heran aktifitas wisata kian meningkat, hingga ramai di dunia maya sekalipun.

Kali ini admin akan coba bahas pengalaman keren saat menginjakan kaki di bagian timur Indonesia, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Suatu tempat yang tak akan habis untuk diceritakan, tempat yang kaya akan keindahan mulai dari laut hingga puncak gunung. Lombok punya segalanya yang bias membuat kamu takjub, terlebih wana wisata gili dan pantainya yang hampir mengelilingi pulau indah ini. Salah satunya Gili Trawangan.

Gili Trawangan merupakan pulau terbesar yang ada dalam jajaran pulau Gili lainnya yang barat Laut Lombok, Gili Meno dan Gili Air. Gili Trawangan memiliki ketinggian cukup signifikan dibanding dua gili lainnya. Pulau gili merupakan deretan pulau kecil, Gili Trawangan merupakan pulau terbesar hanya memiliki panjang sekitar 3 kilometer dan lebar 2 kilometer. Pulau tersebut dihuni oleh sekitar 800 jiwa, dimana bagian paling padat terdapat pada bagian timur pulau. Dibanding dua pulau gili lainnya, Gili Trawangan juga memiliki fasilitas pariwisata yang lebih lengkap dan beragam (Wikipedia).

Diperlukan waktu sekitar 2-3 Jam untuk dapat menginjakan kaki di pulau ini dari Pelabuhan Lembar Lombok, dan sekitar 3-4 jam dari Bandara Lombok. Moda transportasi yang dapat mengantarkan kamu ke Pelabuhan Bangsal dapat menggunakan kendaraan umum bus dan angkot atau mobil koperasi yang dikelola oleh warga setempat dengan kisaran harga Rp 250.000 – Rp 300.000 untuk setiap perjalanan.

Gili Trawangan punya nuansa pesta lebih kental dibanding dua pulau gili lain, Gili Meno dan Gili Air yang lebih bernuansa pulau yang tenang. Hampir sepanjang malam selalu diadakan acara pesta yang dirotasi di beberapa tempat keramaian di Gili Trawangan. Wilayah perairannya memiliki panorama laut memukau, sehingga menjadi salah satu tempat dengan potensi wisata bahari yang cukup besar. Beberapa aktivitas wisata yang cukup populer di pulau ini adalah scuba diving, snorkeling, bermain kayak, berselancar, hingga berkuda mengelilingi pulau sambil menikmati suasana yang masih cukup alami. Aktivitas snorkeling dapat kamu lakukan dengan menjelajahi gili lain di sekitar Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air dengan kisaran biaya Rp 150.000 – Rp 200.000 per orang. Banyak biota laut dan pemandangan bawah air yang akan membuat kamu takjub dengan keindahannya, bahkan jika beruntung kamu dapat melihat penyu yang jarang terlihat sedang berenang ke arah kamu.

Keunikan yang jadi daya tarik di kawasan Gili Trawangan adalah tidak terdapatnya kendaraan bermotor. Peraturan lokal yang melarang kendaraan bermotor masuk ke wilayah ini, sehingga wisatawa dapat merasakan suasana bebas polusi. Tak mengherankan, jika kawasan ini masih sangat asri, sehingga memberikan suasana nyaman dan segar. Untuk mengganti kendaraan bermotor, sarana transportasi darat di kawasan ini sangat sederhana, umumnya masyarakat menggunakan sepeda atau cidomo (kereta kuda sederhana). Jika wisatawan ingin berkeliling di pulau ini, dapat menggunakan sepeda yang banyak disewakan oleh warga setempat. Sedangkan sarana transportasi antar pulau Gili biasanya menggunakan kapal bermotor atau speedboat.

Selain itu, pantai di Pulau Gili Trawangan punya kelebihan dibanding pantai lain, yaitu pengunjung dapat menikmati sunset dan sunrise tanpa harus berpindah tempat ke pantai lain. Saat pagi hari, wisatawan dapat menikmati pesona sunrise yang sangat indah dengan semburat sinarnya yang memancar ke langit. Sedangkan sore harinya, wisatawan dapat menikmati keindahan sunset yang sangat agung, dengan kemilau warna emasnya menghiasi langit yang perlahan mulai gelap. Di tempat wisata ini, wisatawan juga dapat menonton pertunjukan bela diri tradisional, presean, yang juga dikenal dengan nama stick fighting. Pertunjukan ini biasanya dapat ditemukan di sekitar pasar seni Gili Trawangan. (Ad/)

3 thoughts on “Eksotisme Gili Trawangan

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: